Mengenal diri sendiri, penting utuk melamar kerja


Manfaat mengenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri sangat penting bagi anda. Jika anda pernah melamar pekerjaan, pasti ada satu sesi di mana HRD akan menanyakan : Apa kelemahan dan kekurangan anda. Pengalaman saya sendiri ketika melamar pekerjaan, hal tersebut pasti ditanyakan oleh HRD. Mereka menanyakan hal itu bukan tanpa alasan.

Baiklah, akan saya jelaskan kenapa kita perlu mengenal diri sendiri. Dengan mengetahui diri sendiri, maka kita akan tahu apa potensi yang kita punya. Misalnya anda melamar sebagai akunting, maka HRD akan melihat apakah anda ini mempunyai sifat ceroboh atau teliti, mempunyai sifat mudah bosan atau telaten dengan tabel-tabel yang jelimet dan seterusnya. Jika anda melamar sebagai karyawan, HRD akan melihat sifat anda. Apakah anda ini mempunyai sifat leadership yang kuat yang nantinya bisa dipromosikan menjadi manajer, atau cenderung menjadi follower saja sehingga anda akan selamanya menjadi karyawan level bawah.

Cara mengenali diri sendiri
Cara mengenal diri sendiri yang paling mudah, adalah dengan mengenali sifat-sifat keluarga anda. Coba anda ambil kertas dan tuliskan sifat baik dan buruk ayah, ibu, dan saudara kandung anda. Nah, sifat baik dan buruk mereka adalah sama dengan sifat baik dan buruk anda yang mungkin belum anda sadari.

Kemudian tulis 5 orang diluar rumah yang sering bergaul dengan anda. Sifat anda juga kurang-lebih sama dengan sifat-sifat mereka.

Apakah mereka kalau bekerja suka ceroboh? kalau bicara suka kasar? kalau punya ide suka ngotot? Sadar atau tidak, anda juga mempunyai sifat – sifat seperti itu. Sebaliknya apakah mereka mempunyai sifat baik? Apakah mereka ramah? Apakah mereka bisa menerima pendapat orang lain? Apakah mereka suka bersedekah? Sifat-sifat baik tersebut juga tentunya anda miliki.


Sadari sifat-sifat tersebut, 
terima dan syukuri saja apa adanya.
 Setelah itu sifat-sifat buruk coba anda kurangi 
dan 
sifat-sifat yang baik silakan pertahankan.

Sekarang silakan tulis di kolom komentar. Tuliskan sifat baik dan buruk anda masing-masing 5. :)

Salam


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal diri sendiri, penting utuk melamar kerja"

Post a Comment

Kata mutiara motivasi