Map of Conciousness (Level Emosi)



Apakah benar Level Emosi bisa mempengaruhi kesuksesan kita? Baik, sebelumnya saya tanya dulu :
  1. Apakah anda punya teman sekolah yang dulu sangat pinter, tapi sekarang menganggur?
  2. Sebaliknya, apakah anda punya teman sekolah yang dulu biasa saja atau bodoh, tapi sekarang sukses?

Jika jawabannya ya, silakan lanjutkan baca 😇

Bagaimana kecerdasan pengendalian emosi bisa mempengaruhi kesuksesan kita? Begini alurnya :
  1. Setiap hari pasti kita bertemu dengan orang baru dan masalah baru (keculai jika anda tidak pernah kemana-mana). 
  2. Dalam menghadapi masalah tersebut pasti respon emosi kita akan beragam. Bisa jadi kita menghadapinya dengan kemarahan, menyalahkan orang yang bahkan tidak ada hubungannya, atau kita menghadapinya dengan kepala dingin dan berpikir solutif. 
  3. Dengan mengetahui Map of Conciousness, kita akan lebih mampu mengendalikan diri dalam menghadapi segala situasi. Di mana akhirnya kepribadian kita ini akan dikenal dan disukai orang lain. Dan bukan hal mustahil atasan anda akan senang dengan anda, lalu menaikkan posisi anda. Atau teman anda jadi respek dengan anda, lalu mengajak anda berbisnis. Untuk pemilik toko misalnya, pembeli jadi senang dengan anda dan menjadi langganan tetap anda. Begitu seterusnya..
Nah singkat kata di bawah ini saya jelaskan beberapa level energi (maaf tidak semua saya jelaskan di sini, jika ingin penjelasan detil silakan bertanya di kolom komentar):
  1. Yang paling bawah adalah malu. Levelnya sangat rendah, tau tingkat di atas kematian. Pada level ini orang cenderung minder, takut bergaul dengan orang lain. Orang yang cerdas, jika memiliki sifat ini maka akan sis-sia kecerdasannya. 
  2. Kesedihan Mendalam. Bisa terjadi karena kehilangan atau terkena musibah. Sayangnya anak-anak muda sering terjebak dalam hal ini. Ketika putus dengan pacarnya, maka mereka berlarut-larut dalam kesedihan. Mendengarkan lagu cengeng atau film bernuansa sedih akan memperburuk situasi ini. 
  3. Bangga. Ini sering diwujudkan dalam bentuk sombong. Contoh yang paling ekstrim dalam kasus sombong adalah pertarungan Mc Gregor vs Khabib. Kesalahan Mc Gregor di sini adalah karena kesombongannya, sehingga membuat energinya lemah. 
  4. Kemauan. Misalnya anda adalah seorang sales mobil, dan anda optimis bisa menjual 10 mobil dalam 1 bulan. Jika anda optimis dan benar-benar memiliki tujuan / motivasi maka tidaklah mustahil untuk mencapai hal tersebut. Terlebih lagi jika motivasi anda adalah keluarga (anak dan istri). Misalnya seperti ini: Istri saya akhir tahun ini melahirkan dan anak saya butuh biaya untuk sekolah. Katakan hal itu kepada diri anda setiap hari, niscaya anda akan termotivasi. 
  5. Cinta. Yang dimaksud di sini adalah cinta secara umum. Cinta ibu kepada anak, cinta anak kepada orang tua, cinta kakak terhadap adik. Itu semua adalah cinta tak bersyarat. Artinya, meskipun anaknya korupsi, ibu tetap saja mencintai anaknya. Berbeda dengan cinta laki-laki terhadap perempuan, misalnya besok atau lusa si perempuan selingkuh.. akhirnya putus. Berarti cinta seperti itu adalah cinta bersyarat. Bukan cinta seperti itu yang di maksud dalam tabel di atas. 
  6. Suka Cita. Happy on everything / bahagia dan bersyukur atas apapun. Memang kelihatannya mudah, tapi prakteknya tidak mudah juga. Tapi kalau anda mau membiasakan diri bahagia dan bersyukur atas segalanya, maka lama-lama anda akan mencapai level ini. 
  7. Pencerahan. Pencerahan di sini adalah menyadari bahwa kita adalah mahluk Tuhan. Semua yang terjadi sudah digariskan dan tugas kita adalah mengikuti takdirnya dengan tawakal (berusaha dan berdoa). 
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda, silakan share blog ini agar lebih banyak yang membaca.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Map of Conciousness (Level Emosi)"

Post a Comment

Kata mutiara motivasi