5 Cara Mudah untuk Meraih Sukses di Usia Muda


Sukses bisa diraih bagi siapa saja yang menginginkannya. Banyak orang yang sukses di usia tua-nya dengan cara konsisten mengerjakan pekerjaan yang digeltinya selama bertahun-tahun. Akan tetapi ada sebagian orang yang bisa sukses di usia yang relatif muda.

Sukses di usia muda, tentu saja semua orang menginginkannya. Akan tetapi mungkin belum banyak yang tahu caranya. Berikut ini adalah 5 cara mudah untuk meraih sukses di usia muda, yang patut anda coba.

1. Mengenali Potensi Diri
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali diri sendiri, dan mengetahui potensi anda. Sadarilah kelebihan yang anda miliki dan apa yang anda sukai. Istilahnya kenali passion anda. Bekerja dengan passion anda akan lebih menyenangkan, anda akan betah mengerjakannya dan kreativitas anda akan muncul jika anda bekerja sesuai dengan kesenangan anda. Jika anda belum membaca artikel saya mengenai mengenali diri sendiri, silakan baca di sini.

Misalnya seperti ini : Seorang yang tidak suka mengajar, tetapi terpaksa bekerja sebagai guru. Saya yakin mengajarnya tidak maksimal. Dan besar kemungkinan akank berganti profesi setelah beberapa tahun.

Lain hal-nya jika seorang suka mengajar dan suka dunia pendidikan. Kemudian dia bekerja sebagai guru. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun bekerja, dia sudah dipromosikan sebagai kepala sekolah. Kemudian sukses dengan membuka bimbel sendiri, sebagai pekerjaan sambilan.

Pekerjaan yang
paling menyenangkan
adalah
mengerjakan hobby
dan dibayar



2. Percaya Diri

Mengenai percaya diri ini sudah saya teringat pada artikel saya terdahulu yang membahas map of conciousness. Lawan dari percaya diri adalah minder. Jika anda minder, maka semua potensi dan kepintaran anda tidak akan ada gunanya.

Pastikan anda percaya dengan diri anda sendiri, yakinkan bahwa anda adalah orang yang berharga. Jika anda saja tidak percaya dengan potensi anda, bagaimana mungkin orang lain akan percaya?

Akan tetapi ingatlah untuk tidak terlalu percaya diri, nanti kesannya anda akan kelihatan sombong.

3. Terus Belajar, Belajar Terus

Belajar adalah life time process, yang artinya belajar itu dilakukan seumur hidup. Orang yang tidak belajar akan ketinggalan jaman.

Apakah anda tahu, banyak pekerjaan yang ada sekarang ini tidak ada di jaman orang tua saya dulu. Misalnya : pekerjaan sebagai : ojek online, youtuber, selebgram, pilot drone, dll. Makanya orang tua jaman sekarang sudah tertinggal oleh jaman.

Bisa anda bayangkan apa pekerjaan anak atau cucu kita kelak? Saya sendiri sih belum bisa membayangkan, tapi mungkin di masa depan ada mobil terbang, sehingga ada pekerjaan sopir taksi terbang, hehehe..

Kembali ke topik, untuk menjadi sukses di usia muda, teruslah belajar. Kembangkan kemampuan anda saat ini, dan pelajari kalau ada peluang baru. Keep improve.


4. Cintailah Orang-Orang di Sekitar Anda

Jika anda belum membaca artikel saya mengenai harmonisasi, sebaiknya nanti anda cari di blog ini yah.. Anda akan lebih mudah memahami cara mencintai orang di sekitar anda setelah membaca artikel tersebut.

Mencintai orang di sekitar anda, ituWAJIB hukumnya. Tapi ingat, yang dimaksud cinta bukan lope-lope yah. Cinta yang saya maksud di sini lebih universal seperti cinta ibu kepada anak, dan cinta seseorang kepada saudaranya.

Hidup ini seperti cermin. Dengan mencintai orang di sekitar anda, maka anda juga akan mendapatkan cinta mereka. Doa mereka akan mengantarkan anda menuju sukses. Dukungan mereka baik berupa moriil maupun meteriil juga akan mengantarkan anda menuju sukses di usia muda.

Tak jarang juga pekerjaan atau peluang bisnis datang dari orang-orang dekat di sekitar anda. So... ada banyak alasan untuk mencintai orang di sekitar anda.

 

5. Bermental Tangguh

Mental tangguh sangat mudah diucapkan, tatapi sangat sulit dipraktekkan. Faktanya akan selalu ada rintangan setiap kali anda mencoba meraih kesuksesan. Masalah datang silih berganti, setelah selesai masalah besoknya ada masalah baru.

Salah satu cara untuk memiliki mental tangguh adalah dengan menganggap rintangan itu sebagai batu pijakan. Ketika masalah menimpa anda, anggap saja Tuhan sedang menguji anda untuk menaikkan derajad anda. Hadapi masalah itu, berkonsultasi kepada orang yang kompeten dengan masalah tersebut. Sehingga masalah bisa diselesaikan.

Dengan menyelesaikan satu masalah dengan baik, maka anda akan mempunyai tambahan pengalaman yang kelak akan berguna bagi anda. Kelak jika ada masalah yang serupa, anda akan lebih mudah mengatasinya. Bukankan pengalaman adalah guru yang paling baik?

Demikian artikel saya mengenai 5 cara untuk sukses di usia muda.

Jangan biarkan artikel ini berhenti di anda, share artikel ini ke sosmed anda.

Salam,
Hari

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mudah untuk Meraih Sukses di Usia Muda"

Post a Comment

Kata mutiara motivasi